Nyeri Perut Saat Haid ? Ini Obatnya

      Komentar Dinonaktifkan pada Nyeri Perut Saat Haid ? Ini Obatnya

Setiap empat pekaan sekali wanita mengalami pendarahan yang disebut menstruasi atau haid. Semua wanita dalam masa subur akan secara rutin mengalami hal ini. Untuk sebagian wanita kadang proses ini tidak menyenangkan karena timbulnya rasa nyeri yang berlebihan. Akan tetapi banyak juga dari mereka yang nyaman dan lancar saat siklus ini berlangsung.

Nyeri haid dapat diatasi dengan penggunaan tanaman herbal yang ada di sekitar kita, begitulah kurang lebih kata Dr. Prapti Utami, M.Si. Indonesia memang kaya akan berbagai rempah yang memiliki beribu manfaat, salah satunya adalah kunyit. Tanaman herbal ini dapat dijadikan sebagai obat pereda nyeri haid yang aman dan berkhasiat. Berikut penjelasan mengenai tanaman obat nyeri haid dan cara pengolahannya.

Nyeri Perut Saat Haid ? Ini Obatnya

Nyeri Perut Saat Haid ?, Ini Obatnya

Tanaman-tanaman herbal berikut ini dapat anda gunakan sebagai obat pereda nyeri haid, sebelum melakukan penyajian ada baiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter, bidan atau ahli kesehatan terdekat di tempat anda.

Asam Jawa

Selain dua rempah diatas, anda juga bisa menghilangkan rasa mual dan nyeri saat menstruasi dengan minum ramuan asam jawa. Kandungan asam amino dan flavonoid yang terdapat dalam asam jawa merupakan kunci pereda nyeri.

Kunyit

Menurut penelitian ahli, kunyit mengandung zat curcuminoid yang didalamnya terdapat vitamin B1 secara utuh. Berfungsi untuk membantu proses produksi sel darah merah, saat wanita haid maka akan banyak keluar darah dari tubuh mereka. Minum kunyit dapat mencegah tubuh kekurangan darah saat wanita alami menstruasi.

Tapak Liman

Banyak masyarakat Indonesia tempo dulu yang menggunakan tanaman ini sebagai ramuan untuk mengobati penyakit rematik, menurunkan demam dan menghancurkan batu ginjal. Untuk para wanita tanaman tapak liman sangat membantu proses haid mereka. Salah satunya dapat meredakan nyeri haid yang terjadi berulang-ulang.

Vitex

Proses kewanitaan erat kaitannya dengan hormone progesterone. Vitex dapat mendorong kelenjar pituaitari untuk membantu produksi hormone tersebut. Mengonsumsi ramuan vitex saat menstruasi berlangsung dapat menyeimbangkan kadar hormone anda.

Daun Jambu Biji

Banyak orang menggunakan daun jambu biji sebagai obat untuk mengatasi diare, dengan menyeduh daun jambu biji muda menggunakan air panas dan menunggunya hingga hangat, kemudian minum. Dapat meredakan diare yang anda alami. Selain diare, ternyata seduhan daun jambu biji ini juga dapat mengobati nyeri haid yang berlebihan pada wanita.

Selain menggunakan ramuan-ramuan diatas, anda juga dianjurkan untuk memperbanyak istirahat dan lebih mengatur pola makan. Perlu diperhatikan bahwa anda juga harus mengonsumsi obat khusus untuk nyeri haid, hal ini sangat disarankan apabila nyeri haid berlangsung terus menerus setiap kali siklus haid datang. Jangan lupa untuk mencukupi cairan tubuh anda dengan minum air putih setiap hari.