Dampak Buruk Makanan Manis untuk Kesehatan

      Comments Off on Dampak Buruk Makanan Manis untuk Kesehatan

Dampak Buruk Makanan Manis untuk Kesehatan

Dampak Buruk Makanan Manis untuk Kesehatan

Suka konsumsi Makanan Manis ? Waspadai Dampak Buruk Kesehatan Ini

Siapa sih yang tidak suka mengkonsumsi makanan Manis ? Baik itu jenis makanan seperti cokelat, ataupun jenis minuman seperti es teh manis tentu banyak digemari oleh semua orang. Terutama di kalangan anak-anak yang sangat menyukai es krim dan cokelat.

Tanpa disadari makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari ternyata mengandung gula berlebih. Sementara, akibat dari kandungan gula yang berlebihan tentu akan memicu timbulnya berbagai jenis penyakit.

Mengkonsumsi makanan manis memang sering menjadi incaran pada saat seseorang merasa bad mood ataupun membutuhkan makanan ringan hanya untuk menemani aktivitas sehari-harinya. Rasanya memang enak dan manis, akan tetapi dampaknya tidak enak dan manis untuk tubuh.

Memang tidak ada salah nya jika makanan manis menjadi favorit setiap orang. Namun, mengkonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebih tentu akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Dibalik manisnya rasa gula, terdapat banyak bahaya yang tidak boleh dianggap sepele.

Apa saja bahaya nya ? Mari simak penjelasnnya berikut ini.

  1. Menyebabkan Keputihan

Tidak semua wanita mengetahui bahwa salah satu penyebab keputihan adalah sering mengkonsumsi makanan manis. Sebab, dibalik rasanya yang manis ternyata gula tersebut bisa membuat keasaman vagina menjadi turun serta memicu pertumbuhan jamur yang banyak.

Untuk itu, jika Anda akan mengkonsumsi makanan atau minuman manis, pastikan tidak serta merta menghabiskannya dalam satu waktu. Konsumsi secara perlahan juga bertahap, untuk menghindari lonjakan gula darah dan masukan gula yang juga bisa mempengaruhi kondisi vagina.

  1. Menambah Resiko Obesitas

Anda pasti sudah mengetahui jika makanan manis mengandung gula tambahan di dalam nya, seperti : sukrosa, fruktosa. dan corn syrup. Dimana ketiga kandungan zat tersebut mengandung jumlah kalori yang tinggi.

Akibat kalori yang tinggi itu dapat menambah lemak yang ada di dalam tubuh. Alhasil, jika sudah menumpuk maka Anda bisa mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

  1. Menimbulkan Jerawat

Umum nya, orang-orang mengetahui bahwa dengan mengkonsumi makanan berlemak bisa menimbulkan jerawat. Tanpa mereka ketahui bahwa makanan yang menjadi makanan mereka setiap hari juga bisa menimbulkan jerawat.

Fakta mengenai makanan manis bisa menimbulkan jerawat memang sudah terbukti dengan jelas. Sebab, gula yang terdapat di dalam makanan manis bisa membuat hormon tubuh menjadi naik. Sehingga bisa meningkatkan gula darah yang memicu pertumbuhan jerawat.

  1. Menyebabkan Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang memang disebabkan akibat meningkatnya kadar gula atau hiperglisemia di dalam tubuh. Kandungan gula berlebih tersebut bisa mengganggu sistem insulin di dalam tubuh serta menyebabkan diabtes.

Risiko penyakit ini ditemukan pada mereka yang sering mengkonsumsi minuman bergula lebih banyak, seperti : es teh manis, soda, dsb. Diabetes ini dipacu dengan terhambatnya produksi insulin yang berguna untuk mengubah makanan menjadi energi.

  1. Merusak Gigi

Bahaya yang terakhir ini sudah bukan jadi rahasia umum lagi jika makanan manis merupakan salah satu faktor penyebab kerusakan gigi. Makanan manis yang mengandung gula di dalam nya mempunyai kandungan yang mudah dicerna oleh bakteri jahat di dalam tubuh.

Kandungan gula tersebut termasuk karbohidrat. Pada saat karbohidrat dicerna, maka bakteri di dalam mulut memakannya dan memproduksi asam. Ludah yang sudah bercampur dengan asam bisa membentuk plak gidi, dan menyebabkan gigi berlubang.

Meskipun awal nya mengurangi makanan manis itu sulit, tapi Anda tetap harus memulainya dari sekarang. Jaga kesehatan Anda dengan cara memperhatikan apa yang Anda konsumsi setiap hari, dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Ayo mulai Hidup Sehat dari Sekarang !